Apa, mengapa dan bagaimana digital marketing?

digital marketing

Pemasaran pada saat ini adalah pendorong suksesnya suatu bisnis dan juga pemasaran dapat berubah-ubah sesuai dengan waktu nya. Pemasaran sudah banyak melakukan penyesuaian hingga saat ini. Walaupun sudah mengalami perubahan pemasaran tetaplah penting di dalam sebuah bisnis. Pada era saat ini memberikan sebuah perubahan besar pada pemasaran dan juga menumbuhkan tantangan baru dalam bisinis. Pemasaran dituntut harus dapat menyesuaikan dengan kondisi saat ini yaitu agar dapat memahami bagaimana kejadian yang ada di penjuru dunia mempengaruhi pasar dan peluang yang dapat diambil. Lalu seiring dengan perkembangan waktu munculah sebuah terobosan baru yang disebut dengan digital marketing. Artikel kali ini meguraikan apa, mengapa dan bagaimana digital marketing diterapkan dalam menjalankan roda bisnis.

Digital Marketing merupakan upaya pemasaran menggunakan perangkat elektronik/internet dengan beragam strategi atau taktik marketing dimana dapat berkomunikasi secara digital tanpa harus bertemu secara langsung dan tidak menghabiskan banyak waktu. Digital marketing ini sudah menjadi strategi yang banyak di terapkan oleh berbagai perusaahn di dunia agar dapat terus berkembang dan melakukan promosi dalam era industri 4.0 ini. Kemudahan ini di dukung dengan berbagai aspek yang dapat memudahkan bisnis dan juga perusahaan dalam mencari sebuah keuntungan. Digital marketing juga merupakan cara alternatif yang dapat dilakukan untuk menarik konsumen agar dapat tertarik pada produk yang kita pasarkan.

Dalam digital marketing tidak harus bertemu langsung kepada calon pelanggan melainkan dapat berinteraksi secara online dengan media sosial. Masa sekarang memang digital marketing ini dibutuhkan sebab orang-orang sekarang jarang atau bahkan tidak pernah melihat iklan secara konvensional sebagai contoh billboard yang ada pada jalan tol, orang sudah jarang melihatnya dan juga brosur, brosur terkadang tidak pernah dibaca bahkan sampai dibuang karena orang sekarang tidak tertarik dengan begitu bisnis digital ini penting untuk menaikkan eksistensi dan produk bisnis. Digital marketing bertanggung jawab untuk memberikan efek terhadap produk dan juga dapat mengumpulkan data konsumen, melalui media yang telah ada. Digital marketing biasanya berfokus pada cara kerja sistem pemasaran dengan melihat jumlah pengunjung yang telah memasuki web yang ada.

Berbeda halnya dengan melakukan secara digital atau iklan pada media sosial, iklan tersebut akan selalu ada di tempat itu karena dengan demikian orang-orang lebih tertarik pada produk kita, kemudian kemungkinan untuk di bagikan kepada orang lain lagi akan lebih mungkin. Orang-orang lebih banyak menghabiskan waktu yang lama dengan melihat internet atau media sosial bukan tidak mungkin produk kita akan berhasil menarik pelanggan. Dalam data survey yang dilakukan pada tahun 2019 rata-rata waktu penggunaan internet dengan berbagai device yaitu 8 jam lebih dari sini dapat dilihat digital marketing akan lebih baik dengan dengan marketing konvensional, kemudia rata-rata penggunaan media sosial dalam sehari menghabiskan waktu sebesar 3 jam 30 menit dengan begitu peluang untuk seseorang menyebar bisnis nya lewat media sosial ini lebih besar dibandingkan dengan menaruh sebuah iklan di TV karena rata-rata seseorang menonton hanya sebesar 2 jam lebih saja, dengan demikian digital marketing ini telah membuka peluang untuk dapat terus mengembangkan bisnisnya.

Dalam sebuah digital marketing terdapat sebuah diagram yang dapat membuat strategi digital marketing ini dapat berhasil yaitu SOSTAC (Situation analyisis, Objectives, Strategy, Tactics, Actions, Control) dalam diagram tersebut telah mencakup sebuah kunci dalam digital marketing ini. Yang pertama situation analysis yaitu sebelum menjalankan digital marketing harus menganalisis situasi terlebih dahulu, dimana perusahaan dapat mengetahui posisi marketing yang nantinya dapat membantu diagram yang lainnya. Selanjutnya apabila sudah mengetahui posisi marketing berada diagram selanjutnya adalah objective, perusahaan harus dapat menentukan target yang akan dituju, pelanggan yang bagaimana yang akan dituju perusahaan tersebut dengan begitu perusahaan dapat objektif terhadapat digital marketing. Kemudian selanjutnya strategy, setelah menentukan target yang dituju perusahaan barulah dapat menentukan strategi untuk digital marketing ini, seperti melalui media sosial atau melalui website. Dengan begitu perusahaan dapat mengetahui digital marketing apa yang cocok bagi perusahaannya. Kemudian diagram marketing selanjutnya adalah tactics yaitu taktik apa yang akan dijalankan agar digital marketing ini fapat berhasil atau dapat menjangkau objektif yang telah ditentukan oleh perusahaan tadi dengan begitu strategi yang telah ditentukan juga dapat berhasil untuk dicapai. Selanjutnya strategi dan taktik saja tidak cukup tanpa adanya aksi, diagram selanjutnya yaitu actions, dengan aksi ini perusahaan akan menjalankan taktik dan strategi yang ditentukan tadi untuk melakukan digital marketingnya. Kemudian diagram marketing yang terakhir adalah control, yaitu bagaimana kita dapat mengontrol performa dalam digital marketing, hal ini sangat penting karena dengan mengontrol ini kita dapat tahu jenis kebutuhan yang dibutuhkan oleh pelanggan kedepannya dan dengan kontrol ini juga dapat memantau jalannya sebuah bisnis perusahaan dapat berkembang atau tidaknya. Itulah diagram dalam marketing yang dapat memberikan dampak pada perusahaan dalam memulai strategi digital marketingnya.

Pentingnya digital marketing telah menarik seseorang untuk merubah strategi bisnisnya yang awalnya melakukan marketing secara konvensional perlahan berubah menjadi digital marketing. Alasan pertama digital marketing itu penting yang pertama terhubung dengan konsumen lebih mudah, dengan adanya kemudahan internet ini orang-orang tidak harus berjalan atau menghabiskan tenaga nya untuk dapat berbelanja yang ia mau, ia hanya bermodalkan sebuah gadget dan internet dapat langsung terhubung dengan penjual, konsumen akan merasa dihargai karena pelayanan nya mudah dan juga tidak mengabiskan banyak waktu. Kemudian yang kedua yaiitu dapat menganalisis perilaku konsumen, kita dapat melihat apa yang sedang trend atau produk apa yang lebih dibutuhkan oleh konsumen dan kita perusahaan dapat langsung tahu dengan bantuan kecerdasan buatan, dengan begitu produk yang dibutuhkan oleh konsumen ini dapat dipasarkan. Lalu yang ketiga dapat meluas pasar, digital marketing tidak hanya menyebar pada suatu kawasan lokal saja melainkan dapat menyebar pada seluruh dunia, dengan begitu pasar yang dicakup ini besar, strategi marketing konvensional hanya mencakup pasar tertentu saja tidak mencakup luas, dengan begitu digital marketing dapat menarik calon konsumen baru yang tertarik dengan produk perusahaan. Pentingnya digital marketing selanjutnya yaitu dapat menekan biaya marketing, dikatakan bahwa marketing dapat menghabiskan sebagian modal perusahaan dan juga belum tentu berhasil, dengan adanya digital marketing ini dapat menekan biaya marketing secara konvensional.

Dengan menggunakan digital marketing ini dengan mudah mengakses sebuah media sosial dan menaruh iklan pada website tertentu seperti YouTube dan Facebook. Selanjutnya yaitu dalam era digital ini semakin banyak persaingan dalam bisnis, menggunakan digital marketing juga dapat memberikan nilai tambah bagi perusahaan, dengan di lihat bahwa perusahaan dapat bersaing dengan perusahaan lain dengan memanfaatkan digital. Dengan begitu dapat menarik perusahaan lain untuk bekerja sama dan memulai bisnis dengan kuat. Dengan demikian memanglah digital marketing ini penting untuk bisnis kedepannya dan juga dapat membuat bisnis sebuah perusahaan berkembang terus menerus.

Penulis: Muhammad Hafizur Rahman, Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.