Membedah prospek kerja lulusan manajemen bisnis syariah

manajemen bisnis syariah

Halo blogger kampus, kali ini admin ingin mengupas seputar manajemen bisnis syariah sebagai ilmu terapan bagian dari keilmuan ekonomi syariah. Merespon pesatnya perkembangan ekonomi dan keuangan syariah di tanah air, berbagai perguruan tinggi mulai membuka program studi manajemen bisnis syariah. Lalu bagaimana prospek kerja lulusan manajemen bisnis syariah ini.

Satu dekade lalu, perkembangan ekonomi syariah di tanah air tidak secepat yang terjadi di negeri jiran. Mirisnya, negeri jiran hanya memiliki jumlah penduduk tidak lebih 10% dibandingkan total penduduk Nusantara. Dengan mayoritas penduduk beragama islam, mestinya ekonomi syariah mendapatkan tempat terhormat di negeri ini. Dukungan kebijakan pemerintah berkenaan ekonomi syariah tidak semasif dan sekuat negeri Jiran.

Namun demikian kita patut bersyukur sejak 5 tahun terakhir, pemerintah mulai menjadi regulator dalam memacu perkembangan ekonomi syariah di Indonesia. Masyarakat juga semakin intens menggelorakan makna penting ekonomi syariah berkembang di tanah air. Tidak heran muncul berbagai organisasi kemasyarakatan dan akademis untuk menyuarakan sekaligus mengedukasi masyarakat akan arti penting ekonomi syariah bagi kemajuan ekonomi bangsa, semisal Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), Ikatan Ahli Ekonomi Islam.

Menariknya, beberapa proyeksi internasional menyebutkan ekonomi syariah di Indonesia masih akan terus tumbuh. Pertumbuhan ini didorong bersamaan dari industri halal, keuangan syariah, fintech, hingga keuangan sosial syariah.

Ekonomi syariah merupakan bagian dari rumpun ilmu ekonomi, Ekonomi syariah didefinisikan sebagai bentuk penerapan konsep nilai Islam dalam menjalankan kegiatan ekonomi baik secara langsung maupun tidak langsung. Namun demikian, ekonomi syariah berbeda dengan kapitalisme, sosialisme, atau juga negara kesejahteraan (Welfare State). Berbeda dengan sistem kapitalisme, sistem Ekonomi Islam menentang eksploitasi pada pemilik modal dengan seorang buruh yang miskin, dan melarang suatu penumpukan kekayaan.

Perguruan tinggi pun merespon dengan cepat perkembangan ekonomi syariah. Beberapa penelitian menemukan bahwa telat berkembangnya ekonomi dan keuangan syariah di negeri tercinta ini lebih disebabkan kurangnya tenaga profesional di industri syariah. Wajar kiranya beberapa PTN dan PTS mulai mendirikan program studi ekonomi dan atau keuangan syariah mulai jenjang D3/D4, S1 dan S2 untuk mengatasi minimnya sumberdaya manusia syariah berkualitas.

Perkembangan terakhir beberapa PTN/ PTS mulai mengembangkan program studi baru dalam rumpun ekonomi syariah diantaranya program studi manajemen bisnis syariah. Satu diantara universitas swasta di Bandung yang membuka Program Studi tersebut adalah Universitas Masoem. Program Studi tersebut di bawah naungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI). FEBI juga membuka program studi perbankan syariah.

Program Studi Manajemen Bisnis Syariah Universitas Masoem diklaim akan memicu para mahasiswanya untuk bisa melakukan perencanaan bisnis (business plan) dengan upaya menghindari riba serta menjadikan prinsip Nabi Muhammad SAW dalam berdagang. Selain teori-teori ekonomi dan teori-teori bisnis, mahasiswa juga akan diajarkan hukum serta hadist sahih yang berhubungan dengan muamalah.

Sebagai informasi tambahan, universitas masoem juga memiliki 3 fakultas lainnya di selain Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam yaitu:

  1. Fakultas Komputer dengan Program Studi Sistem Informasi (S1), Bisnis Digital (S1)Dan Komputerisasi Akuntansi (D3)
  2. Fakultas Pertanian dengan Program Studi Agribisnis (S1) dan Teknologi Pangan (S1)
  3. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dengan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) dan Bimbingan Konseling (S1)

Mungkin muncul pertanyaan dari generasi putih abu-abu yang tahun ini memasuki dunia kampus bagaimana sih prospek kerja dari Program Studi manajemen bisnis syariah. Berikut beberapa posisi kerja yang dapat dimasuki lulusannya.

  1. Karyawan perbankan konvensional maupun syariah. Posisi di perbankan akan selalu menjadi pilihan bagi para lulusan fakultas ekonomi dan bisnis islam, tak terkecuali untuk lulusan Program Studi manajemen bisnis syariah. Apalagi, sekarang ini berbagai bank dan industri halal lainnya mulai menerapkan tata kelola bisnis berbasis syariah.
  2. Pengawai negeri. Lulus dengan ijazah ekonomi dan atau manajemen bisnis islam tak menutup kesempatan lulusan Program Studi ini untuk berkontribusi di instansi pemerintah. Prospek kerja lulusan Program Studi syariah adalah sebagai pegawai negeri di instansi yang bergelut dengan hukum keagamaan, seperti di Kementrian Agama.
  3. Ahli ekonomi islam. Indonesia adalah negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam, maka dari itu tidak mungkin bila perputaran ekonomi di negara ini tak menyenggol hukum keuangan Islam. Ya, ahli ekonomi islam adalah salah satu prospek karier lulusan Program Studi-Program Studi di dalam rumpun ekonomi syariah.
  4. Dosen. Lulusan manajemen bisnis syariah berkiprah tidak hanya sebagai praktisi atau professional namun juga dapat mengisi posisi sebagai tenaga pengajar di perguruan tinggi selama memiliki ijazah Magister ekonomi dan keuangan syariah. Maka dari itu, lulusan ekonomi syariah dapat merintis karier sebagai tenaga pengajar di universitas yang menyediakan Program Studi tersebut.
  5. Konsultan bisnis syariah. Berkembangnya perekonomian Islam mengisyaratkan aturan bisnis syariah yang juga ikut naik daun. Prospek kerja selanjutnya untuk Program Studi manajemen bisnis syariah adalah konsultan bisnis di industry syariah.
  6. Konsultan keuangan syariah. Dengan perkembangan ekonomi Islam, semakin marak kebutuhan financial advisor yang mengerti hukum keuangan syariah. Prospek kerja lain dari lulusan adalah sebagai konsultan keuangan bagi perusahaan yang akan bekerja sama dengan berbagai perbankan berbasis hukum Islam.
  7. Pegawai pajak. Pegawai pajak merupakan salah satu prospek kerja lainnya yang menunggu alumni Program Studi manajemen bisnis syariah.Ya, ternyata, bukan hanya lulusan sekolah tinggi ilmu pajak saja yang bisa mendalami profesi ini. Tugas yang akan dijalankan cukup beragam. Mulai dari menghitung pajak hingga melakukan audit finansial terhadap perusahaan secara menyeluruh. Namun, angka persaingan untuk pekerjaan ini cukup tinggi. Maka dari itu, mantapkan ilmu dan banyak berlatih bila kamu ingin bekerja sebagai pegawai pajak.
  8. Financial analyst. Prospek kerja terakhir yang bisa blogger kampus tekuni sebagai lulusan fakultas ekonomi dan bisnis islam adalah sebagai financial analyst. Dalam profesi ini, biasanya kalian berperan untuk meneliti, mengidentifikasi, dan mengevaluasi hasil keuangan suatu perusahaan. Hal ini mereka butuhkan sebagai landasan atas strategi bisnis perusahaan untuk masa-masa mendatang. Bahkan, pada perusahaan yang lebih besar, financial analyst juga ditugaskan untuk merancang kebijakan pengeluaran operasional.
  9. Wirausaha syariah. Perguruan tinggi memiliki kewajiban moral menciptakan lulusan yang mampu menjadi entrepreneur (job creator). Tentunya lulusan Program Studi manajemen bisnis syariah diarahkan fokus menjadi wirausaha syariah. Fakta empiris membuktikan luasnya bisnis dalam sektor industri syariah, mulai perbankan, asuransi, properti, hotel, retail, kuliner mengarah berbasis dan menerapkan praktik bisnis sesuai tuntutan syariah.

Nah bagi blogger kampus yang saat ini berniat melanjutkan kuliah, tidak ada salahnya mencari informasi lebih lanjut tentang Program Studi Manajemen Bisnis Syariah Masoem University. Jika sudah mantap, mengapa tidak segera bergabung menjadi mahasiswa di program studi yang menawarkan prospek kerja beragam tersebut.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.